Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah diubah Tanpa Aplikasi 2024

Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah Diubah tanpa Aplikasi - Saat ini, wifi menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan, karena akan digunakan untuk mengakses internet untuk berbagai keperluan seperti bekerja, sekolah atau mencari hiburan.

Menggunakan wifi untuk mengakses internet, bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pemakaian kuota.

Koneksi wifi biasanya dapat diakses dengan mudah, terutama saat berada di tempat umum, perkantoran, ataupun di lingkungan rumah.

Beberapa koneksi wifi biasanya akan dilindungi oleh password yang dibuat oleh pemiliknya, dengan tujuan agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Bila ingin menggunakan wifi yang berpassword, maka Anda harus meminta passwordnya secara langsung kepada pemiliknya.

Namun, saat ini Anda bisa mengetahui password wifi seseorang dengan mudah , tanpa harus ribet untuk menemui dan meminta langsung kepada pemiliknya.

Terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan, untuk mengetahui password wifi yang telah diubah oleh pemiliknya, salah satunya tanpa aplikasi guys.

Sehingga cara ini termasuk cara yang mudah untuk diterapkan, karena Anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun.

Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah diubah Tanpa Aplikasi

Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah diubah Tanpa Aplikasi
Pasti penasaran kan seperti apa prosesnya? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut ini kami bagikan beberapa cara mengetahui password wifi yang sudah diubah tanpa aplikasi.

1. Dengan Konfigurasi IP Adress

Untuk bisa mengetahui password wifi tanpa aplikasi dan telah diubah, bisa dilakukan dengan memanfaatkan konfigurasi IP adress.

Cara ini terbilang mudah diterapkan untuk membobol jaringan pada router modern seperti @wifi.id atau Indihome.

Adapun cara mengetahui password wifi yang sudah diubah tanpa aplikasi dengan konfigurasi IP address sebagai berikut:
  • Silahkan aktifkan wifi pada laptop atau HP.
  • Kemudian carilah hotspot apa saja yang tersedia dan yang paling mudah dijumpai dan sering dibobol adalah @wifi.id.
  • Setelah memilih wifi.id, Anda bisa langsung connect ke alamat tersebut dan jika sudah terkoneksi, maka sebuah pop up yang mengharuskan pengguna memasukkan username dan password akan ditampilkan. Halaman mode Modify Network Configuration juga akan ikut ditampilkan saat itu juga.
  • Selanjutnya Anda sudah bisa mengubah-ubah alamat IP dari @wifi.id, kemudian ubahlah alamat IP 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.2.
  • Jika sudah, selanjutnya pergilah ke browser lalu ketikkan pada kolom adress bar bagian atas dengan https://192.168.1.254. Bila browser Anda tidak bisa mengaksesnya, maka cobalah untuk merefresh browser tersebut terlebih dulu.
  • Lalu sebuah halaman login akan ditampilkan. Inilah yang dinanti-nantikan dan Anda hanya perlu memasukkan usernama dan password dengen ADMIN atau USER. Pastikan untuk menyamakan antara password dan username. Bila username yang digunakan ADMIN maka password juga harus ADMIN.
  • Setelah itu, masuk ke bagian Pengaturan kemudian carilah wifi untuk mengetahui username dan password. Anda akan menemukan username dan password yang sebenarnya untuk login ke @wifi.id, silahkan simpan password tersebut kemudian lakukan koneksi.

2. Menggunakan Menu “Network and Internet”

Bila Anda mengakses wifi menggunakan laptop atau PC, maka bisa memanfaatkan menu Network and Internet, untuk mengetahui password wifi yang telah diubah tanpa perlu menggunakan aplikasi.

Namun, cara ini bisa digunakan untuk mengetahui password wifi yang sudah pernah terhubung ke perangkat Anda guys.

Sedangkan cara mengetahui password wifi yang sudah diubah tanpa aplikasi menggunakan menu Network and Internet seperti berikut ini:
  • Pertama, silahkan cari menu panel dengan cara klik Start Menu atau klik logo Windows pada keyboard, karena Control panel terdapat pada sebelah kanan layar Windows.
  • Kemudian pergilah ke menu Network and Internet lalu pilih Network and Sharing Center. Karena terdapat berbagai jaringan yang pernah terkoneksi dengan laptop Anda pada menu ini.
  • Selanjutnya Anda akan melihat menu “ Manage Wireles Network” yang berfungsi untuk mengetahui password dari wifi yang pernah terhubung. Silahkan pilih jaringan yang ingin dilihat passwordnya.
  • Setelah itu, akan muncul tab yang berisi status koneksi wifi kemudian pilih Wireles Properties lalu tab Security. Disitu akan ditampilkan informasi detail wifi mulai dari security key, tipe dan lainnya.
  • Pada tahap ini, password masih berupa titik-titik saja, sehingga Anda harus mencentang Show Characher, agar passwordnya ditampilkan.

3. Menggunakan CMD (Command Prompt) di Laptop

Untuk cara mengetahui password wifi yang sudah diubah tanpa aplikasi menggunkan CMD seperti berikut ini:
  • Masuk halaman CMD kemudian jalankan dengan cara klik tombol Windows+R lalu masukkan kata CMD.
  • Selanjutnya ketikkan "netsh wlan show profiles" dan lakukan perintah dengan mengetikkan netsh wlan show profiles lalu tekan enter.
  • Setelah itu, nama-nama jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop Anda akan ditampilkan.
  • Lanjutkan langkah dengan ketik nama jaringan lalu masukkan perintah nestsh wlan show profiles name (nama jaringan) key=clear.
  • Kemudian password akan muncul. Silahkan simpan dan lakukan koneksi.
Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, bila ingin mengetahui password wifi yang sudah diubah tanpa menggunakan aplikasi.

Cara yang kami bagikan tersebut dapat dijalankan melalui laptop ataupun smartphone.

Jadi, silahkan pilih cara sesuai dengan perangkat yang disarankan, agar prosesnya berjalan lancar.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara mengetahui password wifi yang sudah diubah tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel