Cara Cek LCD Laptop 2024

Cara Cek LCD Laptop - Pasalnya LCD sendiri salah satu bagian utama dari komponen PC atau laptop sampai perangkat elektronik lainnya.

Apa bila anda sedang membeli laptop, maka anda harus betul-betul teliti kalau sampai tidak sehingga anda bisa mendapatkan barang yang sudah banyak minusnya.

Sebab LCD terpasang dibelakang kaca monitor, dikarena hal itu apa bila anda menemukan laptop atau PC yang layarnya retak namun gambar dan warnanya masih bagus.

Dimana hal ini disebabkan kerusakan masih belum mencapai bagian LCD, maka dari itu bagian yang rusak hanya terjadi dikaca pelindung LCD saja.

Kalaupun anda memperoleh barang yang cacat atau rusak, nantinya anda akan membutuhkan biaya tambahan yang lebih besar lagi untuk memperbaiki laptop ini.

Cara Cek LCD Laptop

Cara Cek LCD Laptop
Untuk lebih jelasnya lagi, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi cara cek LCD laptop dan simak ulasan sebagai berikut.

1. Menggunakan Hardware Terkait

Dalam penggunaan cara cek LC laptop menggunakan hardware terkait ini, tujuannya adalah untuk mengecek apakah LCD bisa berjalan normal atau tidak.

a. Peralatan yang Dibutuhkan

Berikut cara cek LCD laptop dan peralatannya:
  • Monitor External atau Proyektor
  • Kabel VGA atau HDMI
  • Obeng (Opsional)
Pasalnya buat menentukan minus atau kerusakan yang terjadi di LCD ini, anda dapat mencoba cara yang akan kami sampaikan di bawah ini.

b. Proses Pengecekan LCD

Pasalnya cara cek LCD ini dapat diperuntukan pada saat laptop masih keadaan menyala, akan tetapi LCD-nya sedang blank atau hitam.

Berikut cara cek LCD laptop:
  • Pertama-tama anda bisa sambungkan laptop ke dalam Monitor External dengan menggunakan kabel VGA atau HDMI.
  • Jika sudah, maka anda bisa mengetahui apakah kerusakan terjadi di LCD atau komponen lain apa bila Monitor External berhasil menampilkan tanpilan yang ada di laptop, Itu artinya kerusakan atau masalah terjadi ada di layar LCD laptop anda, namun kalaupun Monitor External tidak menampilkan apapun berarti ada kerusakan di komponen lain seperti halnya RAM.
  • Setelah itu, kalaupun anda berani dan mempunyai kemampuan anda bisa membongkar LCD untuk bisa memastikan dan mengganti LCD laptop dengan yang baru.
Catatan : Pasalnya membongkar LCD sangatlah beresiko yang dimana akan menambahkan kerusakan LCD, apa bila tidak dilakukan dengan benar.

2. Menggunakan Aplikasi LCD Test

Berikut cara cek LCD laptop lewat aplikasi LCD Test:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni anda unduh dan install Aplikasi LCD Test atau silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini Aplikasi LCD Test, pasalnya aplikasi ini mempunyai ukuran kecil oleh sebab itu semua jenis laptop atau PC dapat mengoperasikan aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, anda buka aplikasi LCD Test yang telah anda install barusan.
  • Kemudian anda tinggal klik kiri untuk bisa mengetes warna dasar LCD atau bisa juga anda klik kanan untuk mencoba variasi warna yang ada di LCD.
  • Jika sudah selesai semuanya, maka anda tinggal menekan tombol ESC untuk keluar dari aplikasi tersebut.
  • Selesai dech.
Apabila anda tidak melihat bintik hitam, degrasi warna maupun noda yang ada di LCD itu artinya menandakan bahwasannya kondisi LCD laptop ataupun komputer anda dalam keadaan normal saja.

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan, didalam mengecek LCD di laptop rusak atau minus yang dapat anda terapkan apa bila hal ini terjadi di laptopnya.

Bahkan anda bisa melakukan cara di atas pada kerusakan komputer atau PC-nya, akan tetapi jika cara di atas masih mengalami kendala di LCD maupun komponen lainnya.

Lebih baik anda bawa yang lebih profesional, jika anda belum bisa didalam hal ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek LCD laptop. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Technology article editor, IT consultant. has been involved in the website and technology sector since 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel