Cara Cek IMEI Laptop 2024

Cara Cek IMEI Laptop - Sebagain dari para pengguna perangkat elektronik khusunya laptop, mereka hanya memfokuskan ke spesifikasi, merek dan juga tipenya saja.

Mereka sering sekali mengabaikan serial number atau yang bisasa disebut dengan IMEI, padahal nomer IMEI kadangan dibutuhkan pada saat mengecek keaslian produk.

Pada saat ingin memperiki laptop ke service center dan yang lainnya.

IMEI atau serial number sendiri terdiri dari kombinasi 22 karakter huruf dan juga angka yang berbeda-beda di setiap perangkat.

dengan kata lain, IMEI atau serial numebr tersebut merupakan kode ataupun ID identitas yang dimilki oleh setiap perangkat dan juga digunakan sebagai pembeda dengan perangkat yang lain.

Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melihat ataupun mengecek IMEI pada laptop? sebenarnya yang bisa di terapkan.

Cara Cek IMEI Laptop

Cara Cek IMEI Laptop
Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara cek imei laptop di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

1. Melalui PowerShell

Cara Cek IMEI Laptop kali ini melalui PoweShell, PowerShell merupakan sebuah program yang sangat memungkinkan untuk menjalankan berbagai perintah sesuai dengan yang diinginkan.

User yang menggunakan kode tertentu, salah satunya melihat IMEI pada laptop.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk cek IMEI pada laptop melalui PowerShell, sebagai berikut:
  • Silahkan anda buka PowerShell yang ada di laptop anda.
  • Selanjutnya anda tinggal klik tombol Windows dan huruf R, lalu anda tinggal ketik powershell, kemudian tekan OK.
  • Tunggulah beberapa saat, sampai powershell terbuka.
  • Setelah powershell sudah terbuka, anda tinggal ketik perintah "gwmi win32_bios | f1 SerialNumber. lalu anda tinggal tekan tombol "enter".
  • Nanti, anda akan mendapatkan informasi kode serial atau IMEI laptop.
  • Untuk beberapa sistem laptop, tekadanag powershell tersebut terkunci karna alasan keamanan, pada saat menggunakan Windows 10, bisa buka poweshell.
  • Untuk windows 7, bisa dibuka dengan menggunakan cara klik strat kemudian All Programs lalu Accessories, kemudian buka menu windows PowerShell.

2. Lewat Body Laptop

Cara Cek IMEI Laptop melalui body laptop merupakan cara yang paling mudah, karna terletak pada bagian bawah laptop, yaitu pada stiker yang tertempel.

Pada stiker tersebut, sudah tertera beberapa informasi diantaranya IMEI, spesifikasi laptop dan juga merek laptop.

Jika anda belum juga menemukan IMEI, anda bisa coba melepas batrai laptop, karna biasanya stiker tersebt bisa juga di tempelkan pada batrai laptop.

Untuk anda yang tidak ingin repot untuk mendownlaod aplikasi atau menghidupkan laptop hanya untuk mengecek IMEI, maka anda bisa langsung mnenerapkan cara ini.

3. Melaui BIOS

Cara Cek IMEI Laptop kali ini melali BIOS, pada darnya BIOS berfungsi untuk mengatur berbagai macam fugsi dan juga informasi pada laptop.

Berbagai macam fungsi dan juga informasi, salah satunya adalah IMEI atau serial number.

Dengan segudang fungsi tersebut, Bios sangat cocok digunakan untuk mengecek IMEI pada laptop.

Untuk mengecek IMEI tersebut uga terbilang sangat mudah, anda cukup masuk ke dalam BIOS, allau anda tinggal memerikasa bagian system informastion atau yang sejenisnya, lalu cailah serial number.

4. Menggunakan Command Prompt

Cara Cek IMEI Laptop kali ini men ggunakan command prompt, dan command prompt sendiri merupakan program bawaan windows yang sudah sangat populer di kalangan penggunanya.

Command Prompt sendiri sudah sangat sering digunakan untuk berbagai macam perintah, salah satunya yaitu mengecek IMEI laptop, hanya dengan memasukkan kode-kode tertentu saja.

Cerikut ini adalah, cara yang bisa dilakukan untk mengecek imei dengan menggunakan command prompt, yang bisa anda terapkan:
  • Bukalah CMD terlebih dahulu, hanya dengan menekan tombol windows +R, lalu anda tinggal ketik CDM dan tekan OK.
  • Setelah anda sudah berhasil membuka CDM atau Command Prompt, anda tinggal ketik perintah "wmic bios get serialnumber", lalu anda tinggal tekan bagian "enter".
  • Nantinya, anda akan melihat informasi serial number atau Imei dari laptop tersebut, anda bisa mencatat atau simpan nomer tersebut, pada saat anda membutuhkannya anda tinggal melihatnya saja di memo.
  • Cara tesrebut bisa diterapkan pada windows 7 hingga 10, dan untuk versi dibawahnya sida juga dicoba.
Itu dia beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk melihat serial number atau yang biasa di sebut dengan IMEI pada laptop.

Semua cara yang sudah kami bagikan, masing-masingnya mempunyai cara yang sangat mudh untuk anda terapkan.

Sekarang anda sudah bisa mengecek nomer IMEI pada laptop anda dengan sangat mudah, dan yang partinya aman kok guys.

Itulah seluruh pembahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara cek IMEI laptop, sekian adan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel