Cara Verval Ijazah di SSCASN 2021

Cara Verval Ijazah Di SSCASN
Cara Verval Ijazah Di SSCASN - Nah, apakah anda sudah mendaftarkan diri dalam seleksi CPNS, PPPK guru dan PPPK non guru?.

Untuk pendaftaran CPNS, PPPK guru dan PPPK non guru sudah resmi dibuka pada tanggal 30 juni 2021, dan pendataran hanya melalui satu portal yaitu di SSCASN.BKN.GO.ID.

Anda harus siapkan berkas-berkas pendaftaran CPNS, PPPK guru dan PPPK non guru yang akan diserentakkan di SSCASN BKN 2021-2022.

Dan apabila anda sudah melakukan verval ijazah tapi ada pemberitahuan kalau "data tidak ditemukan", anda tidak perlu khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Solusinya adalah anda tinggal unggah dokumen secara manual,dengan cara scan file ijazah dalam format PDF.

Pada artikel kali ini, kami akan memberitahu cara verval ijazah di info GTK SSCASN PPPK 2021.


Pembahasan cara Verval Ijazah Di SSCASN

Pendaftaran PPPK Guru 2021, setiap guru berhak untuk mendaftar pada seleksi PPPK guru pada tahun ini adalah guru honorer THK-II yang sudah sesuai database THK-II di BKN.

Untuk guru yang masih aktif mengajar di sekolah negeri dalam kewenangan pemerintah daerah dan sudah terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud.

Dan bagi guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud dan lulusan Pendididkan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan pendidikan profesi guru Kemendikbud.


Apabila setelah anda mendaftar PPPK tapi gagal karena data anda tidak terdaftar di dapodik dengan pesan galat "anda tidak terdaftar dalam basis data Dapodik".

Pada saat mendaftar PPPK Guru di portal SSCASN, anda mendapatkan galat "Data pendidikan anda tidak terdapat di dapotik, silahkan perbaharui data anda di aplikasi validasi kualifikasi pendidikan Kemendikbudristek pada, [APLIKASI VERVAL DAPOTIK] proses verivikasi dan validasi pendidikan membutuhkan waktu paling lambat 3x24 jam. Silahkan login di akun SSCASN anda secara berkala".

Dan kemungkinan ada dua permasalahan yang terjadi, antara lain:
  • Server dalam keadaaan sibuk/busy.
  • Belum verval ijazah.

Anda bisa mengetahui bagaimana cara verval ijazah di SSCASN selengkapnya pada portal SSCASN.BKN.GO.ID.


Cara Verval Ijazah Di SSCASN


Solusi Data Tidak Ditemukan Pada Saat Verval Ijazah Di Info GTK 

Solusi Data Tidak Ditemukan Pada Saat Verval Ijazah Di Info GTK
Solusi Data Tidak Ditemukan Pada Saat Verval Ijazah Di Info GTK
Adapun cara verval ijazah di SSCASN atau cara cek data verval ijazah, jika ada pemberitahuan" Data tidak ditemukan" silahkan unggah manual dokumen melalui link INFO GTK, caranya sebagai berikut:
  • Scan file ijazah dalam format PDF, klik tombol unggah dokumen.
  • Kemudian, silahkan isi nama "Pergurun tinggi dan unggah dokumen yang sudah di scan dalam format pdf, klik pada tombol browse", kemudian klik tombol simpan.
  • Masukkan di halam pengisian data verval ijazah, silahkan isi "Perguruan tinggi, Prodi, NIM, No. Ijazah, Tanggal ijazah, Upload file ijazah".
  • Kemudian klik tombol simpan.
  • Setelah itu, tunggu sampai proses verval ijazah berhasil.

Dan untuk lebih jelasnya lagi, anda bisa menonton vidio mengenai tutorial "Solusi Tidak Terdata di Aplikasi Verval Dapodik dan Verval Ijazah Infi GTK SSCASN PPPK 2021".

Adapun cara mengecek informasi mengenai syarat dan cara pendaftaran CPNS 2021 terbaru.


Langkah Pertama:

Cek pengumuman formasi instansi yang akan dipilih oleh anda, dengan caranya masuk ke laman https://data-sscasn.bkn.go.id/periode, pada kolom pencarian kemudian ketik nama instansi misalnya : “Kab. Malang”.

Langkah ini dilakukan HANYA untuk memastikan instansi yang akan anda daftar sudah resmi membuka pendaftaran peserta.


Langkah kedua:

Mempelajari alur pendaftaran seleksi pada situs https://sscasn.bkn.go.id/alur, dan ada 3 kategori yang bisa dipilih yakni PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru.

Pada alur untuk PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru hampir sama dalam tahap awal seperti Daftar Akun, Daftar Formasi, dan Seleksi Administrasi, dan poin terpentingnya adalah pada tahap Daftar Formasi.

Daftar Formasi untuk Alur PPPK Guru :
  • Pilih jenis seleksi PPPK Guru.
  • NIK anda akan dicek pada data DAPODIK.
  • Anda yang telah memiliki Data Kualifikasi Pendidikan atau Sertifikat Pendidiknya pada DAPODIK, anda dapat melanjutkan pemilihan formasi.
  • Apabila anda TH K-II, Lulusan PPG dan Guru Swasta, anda harus melakukan validasi Kualifikasi Pendidikan terlebih dahulu pada link yang tersedia pada saat pengecekan DAPODIK.
  • Anda bisa melanjutkan pilihan formasi setelah DAPODIK pada sistem INFO GTK untuk menyelesaikan validasi Kualifikasi Pendidikan, dengan cara login kembali pada SSCASN dalam waktu kurang lebih 3×24 jam dari unggah dokumen validasi pada sistem INFO GTK.
  • Pilih jabatan yang tersedia berdasarkan Surat Edaran Dirjen GTK terhadap Sertifikat Pendidik atau Kualifikasi Pendidikan yang anda miliki.
  • Lengkapi data yang harus diisi.
  • Unggah dokumen.
  • Cek resume dan akhiri pendaftaran.
  • Cetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran Akun.

Sedangkan untuk Daftar formasi alur CPNS dan PPPK Non Guru prosesnya sama meliputi :
  • Pilih jenis seleksi.
  • Pilih formasi.
  • Unggah dokumen.
  • Cek resume dan akhiri pendaftaran.
  • Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun, sebelum membuat akun SSCASN terlebih dahulu, langkahnya :
  1. Pelamar mengakses Portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCASN.
  3. Login ke akun SSCASN yang telah dibuat.
  4. Lengkapi biodata dan unggah swafoto.

Apabila ke 2 Langkah diatas sudah selesai, SELAMAT anda sudah terdaftar sebagai Calon Peserta Seleksi CPNS/PPPK 2021, kemudian Anda hanya tinggal menunggu pengumuman seleksi administrasi.

Baca Juga : Cara Dapat HP Gratis dari Google

Dokumen yang diunggah berdasarkan info dari website SSCASN, baik itu untuk CPNS, PPPK guru maupun non-guru, dokumen persyaratan yang diunggah seperti:
  • Scan Pasfhoto yang berlatar belakang merah maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  • Scan swafoto maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  • Scan KTP ukuran maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  • Scan surat lamaran maksimal 300 Kb bertipe file pdf.
  • Scan Ijazah + Serdik/STR maksimal 800 Kb bertipe file pdf.
  • Scan Transkrip nilai maksimal 500 Kb bertipe file pdf.
  • Scan dokumen pendukung lainnya maksimal 800 Kb bertipe file pdf.


Akhir Kata

Itulah paparan penjelasan dari kami mengenai cara verval ijazah di SSCASN yang dapat anda ikuti.

Apakah anda sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS, PPPK guru dan PPPK non guru sudah resmi dibuka pada tanggal 30 juni 2021 kemarin.

Setelah anda melakukan verval ijazah tapi ada pemberitahuan kalau "data tidak ditemukan", tentu saja anda bisa melakukan beberapa cara verval ijazah diatas.

Anda juga bisa mengikuti beberapa langkah-langkah untuk mengecek informasi mengenai syarat dan cara pendaftaran CPNS 2021 terbaru.

Anda bisa mengikuti alur pendaftaran seleksi pada situs https://sscasn.bkn.go.id/alur, dengan beberapa pilihan katagori seperti PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru.

Itulah seluru pembahasan pada artikel kita kali ini mengenai cara Verval Ijazah di SSCASN 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel