Cara Verval Ijazah di Simpatika 2024

Cara Verval Ijazah Di Simpatika
Cara Verval Ijazah di Simpatika - Pada tahun ajaran 2024/2024, ada updatan terbaru dari simpatika, melakukan verval ijazah S1, S2, S3 oleh PTK yang sudah bersertifikasi.

Proses Verval ijazah S1/D4, S2 dan S3 di simpatika dapat Anda lakukan dengan melalui akun PTK masing-masing.

Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 sebenarnya sudah ada sejak semester pertama, hanya saja ada keterbatasan pada penambahan data pendidikan baru dan juga belum bisa digunakan secara maksimal.

Dengan verval ijazah di simpatika, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan segera melakukan pemetaan Ijazah S1/D4 di SIMPATIKA bagi seluruh guru-guru di madrasah secara bertahap.


Pembahasan Cara Verval Ijazah di Simpatika

Pada semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020 bagi guru madrasah yang sudah bersertifikasi, sedangkan pada semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021 kedepan, bagi guru-guru di madrasah yang belum bersertifikasi.

Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 pada Simpatika memiliki tujuan tertentu.

Sebagai implementasi terhadap pemberlakuan Permendikbud No. 16 Tahun 2019 tentang Perubahan dan penataan Linieritas Guru Bersertifikasi Pendidik atas Permendikbud No.46 Tahun 2016.

Hal yang terpenting dalam mengimplmentasikan guru sertifikasi supaya bisa mengajar sesuai dengan ijazah S1 yang dimilikinya.


Dari penerapan tersebut dibutuhkan verifikasi dan validatasi terhadap kualifikasi pendidik S1 yang sesuai dengan ijazah dimiliki.

Setelah mengetahui cara verval ijazah di simpatika, anda bisa menyiapkan segala kebutuhan seperti dokumen-dokumen Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika.


Cara Verval Ijazah di Simpatika


Cara Verval Ijazah di Simpatika S1/D4, S2, Dan S3

Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, Dan S3 Di Simpatika
Cara Verval Ijazah di Simpatika S1/D4, S2, Dan S3
Cara ini ditujukan untuk melakukan verifikasi pada data dijenjang pendidikan S1 ataupun D4, sehingga guru diwajibkan untuk melakukan keabsahan data riwayat pendidikan, sebab syarat ini salah satu untuk mendapatkan tunjangan guru (TPG).

Berikut beberapa langkah cara verval ijazah di simpatika S1/D4, S2, dan S3, antara lain:
  • Login sebagai Guru pada layanan http://simpatika.kemenag.go.id/.
  • Setelah login, pilih layanan SIMPATIKA PTK.
  • Bagi guru yang sama sekali belum pernah melakukan ajuan Verval S1/D4, akan muncul tampilan notifikasi untuk melakukan Verval Ijazah S1/D4.
  • Bagi guru yang pernah melakukan ajuan verval Ijazah S1/D4. Pada laman beranda Guru, pilih menu Perubahan Data Kepegawaian, pilih sub menu Verval Ijazah.
  • Lalu tekan Lihat Data jenjang pendidikan yang telah ada pada akun Guru.
  • Pada baris kedua, tekan opsi "Ajuan Verval" untuk mengajukan verval ijazah simpatika.
  • Muncul kotak dialog Ajuan Ijazah S1/D4, klik icon panah kebawah, kemudian pilih Ubah Data
  • Guru diwajibkan mengisi semua kolom yang tersedia, dan pastikan Anda mengisi data dengan benar. Apabila telah sesuai, klik "Simpan Perubahan".
  • Apabila ada guru yang memiliki lebih dari satu Ijazah, misalnya jenjang Pendidikan S2 dan S3, dapat ditambah dengan menekan ikon “+”.
  • Kemudian input data Ijazah S2 yang dimiliki Guru, dan pastikan Anda mengisi data secara benar, apabila sudah sesuai kemudian klik "Simpan Perubahan".
  • Apabila telah sesuai dan benar kemudian klik opsi "Simpan & Ajukan".
  • Aplikasi berhasil akan meyimpan data ajuan verval ijazah, Cetak Surat Ajuan pada kotak dialog yang muncul.
  • Kemudian cetak lalu serahkan hasil cetak SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA IJAZAH (S12e) ke Kemenag Kota/Kabupaten yang menaungi, untuk dilakukan verval dan juga persetujuan perubahan data anda.

Itulah cara untuk melakukan Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika pada akun PTK.


Proses Verifikasi dan Validasi Admin Kab/Kota

Apabila anda sudah melakukan cara verval ijazah di simpatika atau apabila anda sudah mengirim surat pengajuan perubahan data ijazah(S12e) ke administrasi kabupaten atau kota, anda tunggu proses perkembangan dari akun simpatika masing-masing.

Dan proses verifikasi dan validasi admin kab/kota, apakah menyetujui atau akan menolak tentang ajuan anda.

Apabila disetujui, pihak administrasi akan memberikan informasi pada akun PTK kalau ajuan anda telah disetujui oleh kantor Kemenag Kabupaten/kota.


2. Masalah dan Solusi Cara Verval Ijazah di Simpatika

Cara Verval Ijazah di Simpatika
Masalah dan Solusi Cara Verval Ijazah di Simpatika
Ada beberapa kendala Verval Ijazah di Simpatika, tapi hal tersebut terjadi karena kurang memperhatikan, sistem yang error dan belum sempurna.

Langsung saja simak masalah dan solusi cara verval ijazah di simpatika di bawa ini.


A. Cara Mengatasi Verval Ijazah S1/D4: Data Universitas dan Prodi Tidak Ditemukan

Terkadang pokok permasalahan itu disebabkan karena kesalahan data di Universitas atau Prodi yang tidak ditemukan saat melakukan proses cara verval ijazah di simpatika S1/D4 yang belum lengkap.

Oleh sebab itu aplikasi online simpatika ini merupakan aplikasi pendidikan yang masih terus di kembangkan database universitas dan juga program studi tetapi membutuhkan waktu juga untuk mengimput data.


Tapi anda tidak usah kawatir, setiap masalah pasti ada jalan keluar atau solusinya begitu juga dengan data anda yang tidak ditemukan di Universitas atau Prodi anda.

Disaat anda melakukan pengajuan Verval Ijazah S1/D4 di simpatika tetapi nama Universitas atau Prodi anda tidak ditemukan, berikut cara mengatasi verval ijazah S1/D4: data universitas dan prodi tidak ditemukan yang perlu dilakukan:
  • Pilih Tidak ditemukan.
  • Tampil sebuah form pengisian data Universitas dan Program Studi, isi form yang tersedia dengan data yang sesuai tercantum pada ijazah.
  • Lalu cetak Surat Pengajuan Verval Ijazah (S12e) lalu lengkapi dengan foto copy ijazah.
  • Kemudian ajukan Surat Pengajuan Verval Ijazah (S12e) dan juga Ijazah ke admin Kabupaten/Kota.
  • Konsultasi dengan pihak Admin Kab/Kota tentang pengajuan Verval Ijazah pada simpatika dengan laporan Data Universitas dan Program Studi yang tidak ditemukan.

Cara tersebut dilakukan supaya pihak administrasi Kab/Kota mengetahui permasalahan anda, dengan begitu admin Kab/Kota dapat menyetujui ajuan surat verval Ijazah (S12e) PTK.

Walaupun masih dalam proses pengajuan data Universitas dan Program Studi yang tidak ditemukan.

Perlu diketahui bahwa persetujuan Verval Ijazah S1/D4 hanya pada tingkat admin Kab/Kota saja, tetapi pada status persetujuan akan muncul pesan telah disetujui oleh Kanwil.

Jika para admin Kab/Kota teliti, cermat, cepat menanggapi pengajuan anda, bisa jadi proses verval ijazah S1/D4 bisa disetujui dengan cepat.


B. Cara Mengatasi Masalah Verval Ijazah Format, Ukuran, Type, Dimensi, Gambar Tidak Sesuai

Masalah yang terjadi dalam hal tersebut biasanya karena kesalahan saat melakukan cara verval ijazah di simpatika bagian upload ijazah dengan keperluan verifikasi dan validasi ijazah.

Kesalahan tersebut akan terlihat karena file yang diupload tidak sesuai dengan ukuran yang telah di tentukan. 

Berikut cara mengatasi masalah verval ijazah format, ukuran, type, dimensi, gambar tidak sesuai dengan memperhatikkan syarat-syarat ketentuan file yang berlaku pada Simpatika berikut :
  • Ukuran file 200 KB hingga 1 MB (Ril nya dibawah 1 MB).
  • Ukuran minimal resolusi 96 dPi.

Sesuaikan file dengan ketentuan agar tidak menemukan masalah saat akan melakukan upload scan ijazah verval di simpatika.

Anda bisa menggunakan aplikasi seperti photoshop, corel draw, paint, atau microsoft editor manager untuk menyesuiakan format file dan ukurannya.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi berbasis website online untuk keperluan mengubah dimensi, format dan ukuran gambar.

Untuk mengecilkan ukuran gambar silahkan membaca artikel mengenai Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Aplikasi Tambahan untuk memperkecil ukuran file.


C. Cara Mengatasi Type File yang Diupload Harus Berjenis Gambar

Format file untuk upload ijazah pada cara verval ijazah di simpatika seperti PNG, GIF, JPG, JPEG, dan PDF.

Mengatasi Ukuran File Yang di Unggah Belum Sesuai Pada Simpatika

Akan ada pemberitahuan yang akan terlihat di File, scan file yang akan di unggah harus minimal 200 kb dan maksimal 1 mb, dan pastikan saat scan dokumen menggunakan ukuran minimal 96 dpi.

Disaat anda mengupload selain menggunakan format tersebut, akan ada peringatan Type File yang diupload harus gambar.

Dan cara mengatasi type file yang diuploud harus berjenis gambar tersebut, anda harus edit ulang format type file menggunakan aplikasi editor seperti photoshop, corel draw, paint, atau microsoft editor manager.


D. Cara Mengatasi Gagal Simpan Format Dimensi Tidak Valid

Dalam melakukan cara verval ijazah di simpatika anda juga harus mengatasi kegagalan format.

Apa bila anda gagal menyimpan format dengan dimensi yang tidak valid atau tidak sesuai akan terjadi masalah disaat akan melakukan menyimpan perubahan data pada proses verval Ijazah S1/D4 simpatika.

Format dimensi hasil scan dokumen minimal 600 x 800 pixel tidak valid. Cara mengatasi gagal simpan format dimensi tidak valid ini bisa menggunakan aplikasi seperti photoshop, corel draw, paint, atau microsoft editor manager.


Akhir Kata

Dari artikel diatas semoga menjadi acuan dalam melakukan verval ijazah di Simpatika.

Untuk anda yang menjadi guru dan belum pernah melakukan ajuan Verval S1/D4, sekarang anda bisa mengajukan data diri anda.

Dalam mengajukan verval ijazah di Simpatika anda akan mendapatkan beberapa masalah tentunya juga akan ada solusinya juga yang bisa anda lakukan.

Itulah seluruh pembahasan pada artikel kami kali ini mengenai cara Verval Ijazah di Simpatika 2024. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel