Cara Verval Ijazah di Dapodik 2021

Cara Verval Ijazah Di Dapodik
Cara Verval Ijazah Di Dapodik - Nah, apakah tahun ini anda mengikuti seleksi PPPK, dan apakah anda juga sudah melakukan verval ijazah sesuai persyaratan?.

Dan sehubungan dengan rencana pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), anda harus pastikan data program studi anda sudah terverifikasi sesuai dengan Ijazah pada link yang ada pada halaman info GTK.

Cara ini perlu anda lakukan karena hanya guru honorer yang sudah melakukan verval ijazah yang bisa mengikuti seleksi PPPK di tahun ini.

Langkah untuk melakukannya juga mudah, bila anda masih mengalami kesulitan, anda bisa mencoba ikuti langkahnya pada artikel kali ini!‍


Pembahasan Cara Verval Ijazah Di Dapodik

Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan cara verval ijazah di Dapodik.

Apakah anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan verval ijazah dan kenapa harus melakukan verval ijazah?.

Verval ijazah atau verifikasi ijazah merupakan cara untuk anda memverifikasi kepemilikan ijazah yang sudah masuk dalam Dapodik.


Kemdikbud juga melakukan kroscek dengan database, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), dan Verval ijazah ini sendiri diperuntukan untuk guru dan kepala sekolah non PNS atau honorer, karena tujuan utamanya adalah sebagai proses seleksi PPPK.

Verval ijazah yang perlu dilakukan untuk verifikasi adalah ijazah S1 sebagai basic dari seorang guru.

Dan bagaimana jika sebelumnya sudah pernah melakukan verifikasi dengan ijazah lainnya? anda tidak perlu khawatir, tentu saja anda masih bisa mengulangai cara verval ijazah di Dapodik.


Cara Verval Ijazah Di Dapodik


Cara Verval Ijazah 

Cara Verval Ijazah di Dapodik
Cara Verval Ijazah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga mewajibkan bagi guru honorer terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Dikarenakan hal tersebut wajib bagi anda yang hingga saat ini yang masih berstatus sebagai guru atau kepala sekolah honorer dalam melakukan verval ijazah.


Perlu anda ketahui juga, dalam melakukan verval ijazah tidak hanya berlaku untuk guru honorer dari sekolah negeri saja, tetapi juga untuk guru-guru yang mengajar di sekolah swasta.

Jika anda masih bingung atau mengalami kendala saat melakukan verval, kali ini anda bisa mencoba beberapa cara verval ijazah di dapodik, antara lain sebagai berikut:


1. Siapkan Ijazah

Cara verval ijazah di dapodik yang pertama yaitu siapkan ijazah S1 yang anda miliki, kemudian masuk ke pada link https://ijazah.kemdikbud.go.id/.


2. Buka laman Info GTK

Cara verval ijazah di dapodik bisa anda lakukan dengan mengunjungi pada info GTK melalui https://info.gtk.kemdikbud.go.id/.


3. Pilih Menu Login Langsung Ke GTK Atau Melalui SSO Dapodik.

Apabila anda sudah berhasil masuk di info GTK, cara verval ijazah di dapodik selanjutnya pilih menu login langsung ke GTK atau melalui SSO Dapodik, anda hanya cukup memilih salah satu saja, ya!.


4. Login dengan PTK

Cara verval ijazah di dapodik yang keempat yaitu login dengan PTK, dengan cara masukan username yang berupa alamat email atau akun PTK yang sudah terverifikasi, password PTK yang anda miliki, dan kode captcha. Kemudian klik login.


5. Verval Ijazah

Jika anda berhasil masuk, lanjut ke cara verval ijazah di dapodik yang ke lima yakni pilih dan klik menu verval ijazah. Jika sebelumnya sudah pernah melakukan verifikasi ijazah, anda bisa tekan tombol Perbaikan Hasil Validasi.


6. Isi Form

Setelah itu cara verval ijazah di dapodik selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi form. Kemudian isi form yang sudah tersedia dengan data yang benar. Form yang perlu anda isi sendiri ada beragam, seperti:

a. Cari Dan Pilih Perguruan Tinggi

Form dalam melakuakn cara verval ijazah di dapodik yang pertama yaitu cari dan pilih perguruan tinggi.

Mencari perguruan tinggi bisa Anda lakukan dengan klik ikon segitiga kecil yang ada pada daftar pilihan universitas.

Apabila nama universitas anda belum muncul, anda bisa ketik kata kunci “universitas” pada kolom yang tersedia.

Setelah itu ketik nama perguruan tinggi anda.


b. Masukan Prodi, NIM

Setelah berhasil menemukan perguruan tinggi, kemudian cara verval ijazah di dapodik dengan mengisi form ke 2 yaitu Anda harus masukkan prodi dan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) yang anda miliki.

Kemudian klik cek, anda akan melihat data NIM, nama, nomor ijazah, prodi, perguruan tinggi.


c. Simpan Data

Setelah data lengkap, klik simpan data.

Tunggu sampai proses penyimpanan data selesai dan sukses. Jika sudah cara verval ijazah di dapodik selanjutnya, anda akan melihat keterangan "Data sudah diverval pada ..." dan keterangan tersebut berisikan nama anda yang tertera dalam ijazah, nomor ijazah, NIM, nama perguruan tinggi, prodi, tahun masuk, dan tahun lulus.


7. Unggah Dokumen Untuk Verifikasi Manual

Yang ke 7 yaitu cara verval ijazah di dapodik dengan mengunggah dokumen untuk verifikasi manual.
Apabila saat pengisian form, anda tidak menemukan data, anda hanya tinggal mengklik unggah dokumen untuk melakukan verifikasi ijazah secara manual.

Anda bisa mengupload ijazah asli, pastikan data yang anda unggah tidak lebih dari 1 MB.


8. Verifikasi Akan Diproses

Cara verval ijazah di dapodik dengan mengisi form yang terakhir yani verifikasi akan diperoses.
  • Setelah semua form terisi, klik simpan.
  • Lalu tunggu verval ijazah dilakukan oleh panitia pusat.
  • Verval ijazah ini dilakukan sendiri oleh anda sebagai guru, bukan oleh operator sekolah atau tenaga kependidikan sekolah.
  • Anda dapat mengikuti langkah-langkah verval ijazah dengan menyaksikan video tutorial yang dapat memudahkan Anda. 


Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Verval Ijazah

Pada saat anda akan melakukan cara verval ijazah di dapodik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat verval ijazah yang harus Anda ketahui antara lain:


  • Verval ijazah tidak digunakan untuk menentukan apakah anda layak atau tidak mengikuti PPPK.
  • Verval ijazah digunakan untuk memverifikasi kepemilikan ijazah yang dikroscek dengan database dikti.
  • Ketika anda melakukan verifikasi ijazah, anda perlu perhatikanlah: nama mahasiswa, nama perguruan tinggi, nama prodi, nomor ijazah, NIM, tahun lulus kuliah. Apakah sudah sesuai dengan data yang anda miliki atau tidak.
  • Apabila anda mempunyai ijazah S1 nonguru, pastikan terlebih dahulu gelar sarjana yang Dik Lulus miliki linear dengan formasi yang Dik Lulus daftarkan.
  • Jika ternyata nomor ijazah yang anda masukkan tidak terdaftar, anda langsung menghubungi kampus anda sebagai perguruan tinggi untuk memastikan bahwa data anda sudah dilaporkan ke Dikti.
  • Untuk memastikan keabsahan ijazah yang anda miliki, pastikan nomor ijazah bisa diverifikasi melalui SIVIL.
  • Pendataan PDDikti secara resmi dilakukan mulai pada tahun 2002/2003, bagi lulusan di bawah tahun tersebut apabila tidak ditemukan di SIVIL silakan anda hubungi perguruan tinggi masing-masing.

Selain itu juga, persiapan yang perlu anda lakukan adalah belajar tentang soal untuk tes nantinya, dan untuk latihan soal, anda sudah bisa melakukannya melalui aplikasi KitaLulus.

Dengan cara anda download aplikasi KitaLulus, anda sudah bisa latihan ribuan soal yang lengkap ddan dengan materi pembahasan secara gratis.


Akhir Kata

Jika anda akan mengikuti seleksi PPPK, tentunya anda harus melakukan beberapa persiapan salah satunya seperti verval ijazah milik anda.

Melakukan verval ijazah tidak hanya berlaku untuk guru honorer dari sekolah negeri saja, tapi juga bagi guru-guru yang mengajar di sekolah swasta, jadi ini kesempatan untuk semua guru yang masih berstatus honorer baik diinstansi negeri maupun swasta.

Apabila anda masih bingung untuk melakukan verval ijazah, anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas.

Itulah seluruh pembahasan pada artikel kita kali ini mengenai cara Verval Ijazah di Dapodik 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel