Cara Aktifkan 5G Smartfren 2024

Cara Aktifkan 5G Smartfren
Cara Aktifkan 5G Smartfren - Apa itu jaringan 5G? bagaimana cara mengaktifkan jaringan 5G pada handphone atau katru smartfren anda?.

Tak perlu khawatir, karena cara1001 akan memberikan tutorial cara mengaktifkan jaringan 5G pada kartu smartfren dan handphone anda dengan mudah dan cepat.

Sebelum ke penjelasanya, anda perlu mengetahui sedikit tentang jaringan 5G. Jaringan 5G merupakan jaringan yang dapat mengoptimalkan virtual reality "VR" dan augmented reality ''AR'' karena memiliki koneksi jaringan yang mulus.

Penigkatan kecepatan yang di berikan oleh jaringan 5G jauh melampaui kecepatan jaringan dari 4G, hal itu merupakan kabar baik, karena anda bisa menggunakan jaringan internet lebih cepat daripada sebelumnya.


Nah untuk mengaktifkan jaringan 5G tersebut, anda bisa menyimak penjelasan kami tentang cara aktifkan 5G smartfren dengan mudah dan cepat pada penjelasan di bawah ini.


Cara Aktifkan 5G Smartfren


Cara Aktifkan 5G Smartfren Mudah

Cara Aktifkan 5G Smartfren
Cara Aktifkan 5G Smartfren Mudah
Jaringan 5G merupakan jaringan terbaru dan memiliki kecepatan yang luar biasa, kekuatan sinyal 5G jauh melampaui jaringan 4G. Maka karena itu smarfreen selaku provider mengupdet jaringannya dari 4G ke 5G. Nah Bagi anda yang masih binggung untuk cara aktifkan 5G smartfren mudah anda bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini.


a. Masuk Menu Pengaturan atau Setting

Langkah cara aktifkan 5G smartfren yang pertama anda perlu masuk menu pengaturan atau setting, berikut tutorialnya.
  • Pertama, untuk mengaktifkan jaringan ke 5G, masuk ke menu setting atau pengaturan.
  • Pada menu setting atau pengaturan silahkan anda pilih “Kartu Ganda dan Seluler”.
  • Kemudian pengguna dapat mengetahui koneksi data dan SIM bawaan yang ada pada koneksi jaringan anda.
  • Selanjutnya pilih menu APN yang pada layar handphone anda.
  • APN (Access Point Name) memiliki fungsi sebagai protokol yang tersambung dengan koneksi internet.
  • Sebelum mengaktifkan jaringan ke 5G, pastikan anda sudah konfigurasi kartu perdana yang benar. Anda perlu berhati hati saat memasusakn konfigurasi.
  • Kesalahan konfigurasi dapat membuat internet yang tersambung atau terkoneksi mejadi lemot, lemah bahkan tidak bisa diguankan.


b. Atur APN Baru

Langkah cara aktifkan 5G smartfren ke dua yakni atur APN baru.
  • Langkah selanjutnya, anda masuk pada menu APN lalu pilih APN Baru.
  • Kemudian akan muncul beberapa kolom pertanyaan yang harus di isi atau dilengkapi.
  • Terus anda akan mengisi kolom pertanyaan berisi tentang informasi diri anda, khususnya profil anda seperti, username, password, jenis autentifikasi maupun proxy.
  • Lalu Isi nama anda.
  • Kemudian isi kata sandi yang akan digunakan. Alangkah baiknya anda gunakan kata sandi yang sederhana dan mudah di ingat.


c. Konfigurasi Server dan Protokol APN

Cara aktifkan 5G smartfren berikutnya ialah dengan langkah konfigurasi server dan protokol APN. Konfigurasi merupakan proses setting atau pengaturan pada bagian yang terdapat dalam suatu perangkat handphone anda.

Sebelum mengisi konfigurasi anda terlebih dahulu harus mengisi kolom pertanyaan, seperti 8.8.8.8 dan 510 pada MCC pada langkah-langkah berikut.
  • Pengguna juga harus mengisi MNC dengan angka 11. Beberapa perangkat lainnya, pada pilihan ini akan secara otomatis terisi.
  • Kemudian anda mengisi protokol APN dan protokol roaming APN.
  • Lalu pilih IPv4/IPv6. IPv4/IPv6 yang merupakan jenis internet protokol yang dapat di bedakan dari panjang alamatnya.
  • Penggunaan IPv4 sebagai internet utama dapat menyebabkan koneksi menjadi bermasalah seperti roaming danan IPv6 yang digunakan sebagai internet utama.
  • Setelah itu, klik selesai, kemudian pilih pojok kanan ata lalu pilih oke.


d. Lakukan Speedtest

Langkah cara aktifkan 5G smartfren selanjutnya, yaitu anda jangan langsung ubah jaringan menjadi 5G. Disarankan lakukan speedtest untuk mengecek kecepatan koneksi jaringan internet seluler maupun Wi-Fi anda.

Aplikasi ini dapat anda akses melalui speedtest.net atau melalui link berikut. https://www.speedtest.net/


e. Ubah Jaringan ke 5G

Langkah terakhir untuk melakukan cara aktifkan 5G smartfren ialah dengan kembali ke menu pengaturan lalu ubah jaringan ke 5G. Untuk mengetahui perbedaan antara 4G dan 5G anda bisa cek kecepatan koneksi internet menggunakanspeedtest.


Akhir Kata

innilah penjelasan kami kali ini tentang cara menagktifkan 5G Smarfreen dengan mudah dan cepat yang bisa anda coba.

Pihak Smartfreen telah memberikan jaringan 5G kepada pelangganya, oleh sebab itu untuk mengaktifkan anda bisa coba cara seperti di atas.

Koneksi jaringan 5G merupakan jaringan yang memiliki kecepatan jaringan yang jauh melebihi jaringan 4g

Inilah pembahasan kami kali ini tentang artikel cara aktifkan 5G Smartfren. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel